Selasa, 24 September 2019

Teknik Pembelajaran Efektif di Sekolah



Description: \\Rg4-pc\e\^BERKAS FILE RUDI^ (RG-4)\Foto pak rus dan pak rudi piala guru berprestasi\DSC_5710.JPGTeknik Pembelajaran Efektif
di Sekolah Dasar
Oleh : Rudi Hartono, M. Pd. I.
Guru PAI dan Budi Pekerti Kelas 1 dan 2
SD Islam Al Azhar 8 Kembangan Jakarta Barat




Horizontal Scroll: Signifikansi Pembelajaran Efektif
 

P
endidikan sebagai salah satu sektor yang paling penting dalam pembangunan nasional, sehingga dijadikan andalan utama yang berfungsi semaksimal mungkin dalam upaya meningkatkan kualitas hidup manusia Indonesia, di mana iman dan taqwa kepada Allah swt. menjadi barometer dalam kehidupan di segala bidang. Allah swt. mengingatkan kita dalam firman-Nya dalam surat Al A’raaf ayat 96 sebagai berikut :
          وَلَوْ أَنَّ أَهْلَ الْقُرَى آَمَنُوا وَاتَّقَوْا لَفَتَحْنَا عَلَيْهِمْ بَرَكَاتٍ مِنَ السَّمَاءِ وَالْأَرْضِ وَلَكِنْ كَذَّبُوا فَأَخَذْنَاهُمْ بِمَا كَانُوا يَكْسِبُونَ
Artinya : Dan sekiranya penduduk negeri beriman dan bertaqwa, pasti kami akan melimpahkan kepada mereka berkah dari langit dan bumi. Tetapi ternyata mereka mendustakan (ayat-ayat Kami), maka kami siksa mereka sesuai dengan apa yang telah mereka kerjakan (Al A’raaf : 96)
Description: \\Rg4-pc\d\Foto Salam Angkatan 21\DSC_9709.JPGBahwa saat ini situasi dan kondisi yang dihadapi guru jauh berbeda dengan situasi dan kondisi lima puluh tahun yang lalu. Kini guru hidup di era globalisasi yang selain mengandung berbagai tantangan yang berat dan kompleks, juga multi efek. Berbagai tantangan tersebut mau tidak mau harus dipecahkan oleh guru agar tantangan tersebut berubah menjadi peluang. Salah satu tantangan tersebut adalah bagaimana seorang guru bisa membuat aktif siswa dalam pembelajaran di kelas dan menyenangkan (Fun Learning and Active Learning). Dalam dunia pendidikan memiliki siswa yang pintar  merupakan keinginan setiap guru. Keinginan tersebut selaras dengan keinginan menciptakan generasi yang lebih pintar. Bicara tentang hasil pasti diawali dengan proses, di mana ini merupakan salah satu langkah awal yang menentukan hasil di akhir target pencapaian nantinya.
Description: Image result for demokratis dalam belajarDescription: \\Rg1-pc\d\^BERKAS FILE RUDI^ (RG- 1) rudi mahreen\((( koordinator kegiatan ))) rudi mahreen\PTK rudi  mahreen 1617\foto siklus 1\pertemuan 1\20170131_110419.jpgDari beberapa pakar, proses pembelajaran sendiri merupakan  suatu interaksi antara pendidik dengan siswa pada suatu pembelajaran yang menggunakan berbagai sumber belajar siswa. Secara garis besar proses belajar adalah suatu tindakan transformasi ilmu yang ditujukan kepada siswa yang belum mengetahui secara penuh suatu cabang ilmu. Dapat dipastikan peran guru sangat memmengaruhi proses pembelajaran yang dikaitkan dengan output siswa. Kendala untuk memenuhi target pencapaian bukannya tidak ada, justru tantangan yang paling besar adalah untuk menumbuhkan kemauan belajar pada siswa SD. Mengapa demikian? karena pada tahap ini tingkat kemauan siswa untuk bermain lebih dominan dari pada untuk belajar. Untuk meningkatkan minat dan rasa ingin belajar, maka perlu diubah proses pembelajaran di dalam kelas. Kenyataanya anak SD lebih menyukai dengan pembelajaran yang bernuansa bermain, sehingga pada proses penyampaian materi pembelajaran jangan melulu menggunakan metode yang itu-itu saja, karena era zaman sekarang anak-anak bosan dengan sistem mendengarkan dan memperhatikan. Dengan sistem bermain siswa SD tidak akan merasa terbebani dengan proses pembelajaran. Pembelajaran dengan sistem bermain dapat kita ambil dari berbagai permainan yang ada. Seperti halnya yang sudah saya laksanakan di sekolah ketika belajar pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti siswa pasti akan merasa malas untuk membaca dan memperhatikan. Oleh karena itu saya mengggunakan metode pembelajaran seperti kuis dengan konsep yang bisa kita tiru dari acara hiburan di televisi, permainan yang pas yaitu kuis who wants to be a millionare dan kita sediakan juga reward bagi anak-anak yang dapat memeberikan jawaban yang benar dan tepat. Setelah terjadi tanya jawab kita bisa menjelaskan sebentar dari pertanyaan yang kita lontarkan, sehingga proses pembelajaran akan berjalan dengan sendirinya tanpa mereka sadari, dan akan memberikan pengaruh yang baik, sehingga belajar yang efektif akan tercipta.

Horizontal Scroll: Karakteristik Murid di SD

 



S
Description: Image result for MURID SEKOLAH KARTUNekolah dasar merupakan awal kegiatan wajib belajar yang mempunyai waktu paling lama yaitu 6 tahun. Menurut Sudarwan Danim dalam bukunya: Pengembangan Profesi Guru dari Pra jabatan, Induksi ke Profesional Madani, bahwa guru yang bertugas pada satuan pendidikan khususnya di pendidikan dasar dituntut tampil profesional, sehingga dapat menghindari praktik-praktik menyimpang dari kaidah pedagogis dan eduktif yang dapat dikategorikan sebagai malpraktik  di bidang keguruan. Maka dari itu menurut peneliti pada usia 6-8 tahun beragam keunggulan dan kelemahan yang semua ditentukan oleh cara masing- masing anak menyerap dan merespon stimulan lingkungan sejak lahir sudah jelas. Maka benar apa yang dikatakan oleh Lauren Bradway dalam bukunya yang diterjemahkan oleh Khairul Anam bahwa ketika kita mengikuti perkembangan anak siswa, maka kita akan melihat campur tangan berbagai macam lingkungan yang membentuknya. Agar pencapaian hasil belajar dapat berjalan lancar dan optimal, guru dalam pembelajarannya perlu memperhatikan tentang karakteristik siswa SD. Siswa yang berada di kelas rendah (kelas 1-3) memiliki kekhasan dan kecenderungan yang berbeda dengan siswa yang berada di kelas atas (kelas 4-6), sehingga perlu adanya perbedaan strategi dan pendekatan yang harus disesuaikan dengan karakteristik masing-masing siswa. Siswa kelas rendah memiliki sifat khas yang dapat diketahui yaitu, penalarannya bersifat transduktif yang berarti bergerak dari sesuatu yang khusus ke hal yang lebih khusus lagi. Berdasarkan hal itu siswa tidak dapat berpikir reversibel atau bolak balik, sehingga siswa tidak dapat berpikir kembali ke titik awal.

Horizontal Scroll: Definisi Belajar Efektif

 


Efektif bisa diartikan perubahan yang membawa pengaruh, makna dan manfaat tertentu. Pembelajaran yang efektif ditandai dengan sifatnya yang menekankan pada terlibatnya siswa dalam pembelajaran secara aktif. Pembelajaran menekankan pada penguasaan pengetahuan tentang apa yang dikerjakan, tetapi lebih menekankan pada internalisasi, tentang apa yang dikerjakan sehingga tertanam dan berfungsi sebagai muatan nurani dan hayati serta dipraktekkan dalam kehidupan sehari-hari oleh siswa. Pembelajaran efektif merupakan proses perubahan seseorang dalam tingkah laku dari hasil pembelajaran yang ia dapatkan dari pengalaman dirinya dan dari lingkungannya yang membawa pengaruh, makna dan manfaat tertentu. Dari defenisi belajar dan pembelajaran serta efektif, maka hakikat pembelajaran yang efektif adalah proses belajar mengajar yang bukan saja terfokus kepada hasil yang dicapai siswa, namun bagaimana proses pembelajaran yang efektif mampu memberikan pemahaman yang baik, kecerdasan, ketekunan, kesempatan dan mutu serta dapat memberikan perubahan prilaku dan mengaplikasikannya dalam kehidupan mereka. Pembelajaran efektif juga akan melatih dan menanamkan sikap demokratis bagi siswa. pembelajaran efektif juga dapat menciptakan suasana pembelajaran yang menyenangkan sehingga memberikan kreatifitas siswa untuk mampu belajar dengan potensi yang sudah mereka miliki yaitu dengan memberikan kebebasan dalam melaksanakan pembelajaran dengan cara belajarnya sendiri. Di dalam menempuh dan mewujudkan tujuan pembelajaran yang efektif maka perlu dilakukan sebuah cara agar proses pembelajaran yang diinginkan tercapai yaitu dengan cara belajar efektif. Muara dari berfungsinya manajemen pembelajaran yang baik adalah pembelajaran efektif. Pembelajaran efektif artinya, dari posisi guru tercipta mengajar efektif, dan dari posisi siswa tercipta belajar efektif. Berkaitan dengan efektivitas pengajaran, untuk mencapai pembelajaran aktif, satu aspek penting adalah masalah metode yang digunakan guru dalam menciptakan suasana aktif. Metode ceramah harus dikurangi bahkan ditinggalkan. Pembelajaran akan berjalan efektif jika pengalaman, bahan-bahan, dan hasil-hasil yang diharapkan sesuai denagn tingkat kematangan siswa serta latar belakang mereka. Proses belajar akan berjalan baik jika siswa bisa melihat hasil yang positif untuk dirinya dan memperoleh kemajuan-kemajuan jika ia menguasai dan menyelesaikan proses belajarnya.
Horizontal Scroll: Prinsip Pembelajaran Efektif

 



Menurut saya, tidak ada di dunia ini metode dan pendekatan pembelajaran yang paling baik, yang ada adalah metode dan pendekatan pembelajaran yang paling tepat sesuai dengan situasi dan kondisi yang ada di dalam suatu kelas tertentu. Oleh karena itu penting sekali bagi seorang guru untuk mengetahui prinsip pembelajaran yang baik dan efektif. Adapun prinsip pembelajaran yang efektif tidak bisa lepas dari hal-hal di bawah ini :
Þ      Menguasai materi pembelajaran yang akan diajarkan
Þ      Kesehatan fisik dan psikis
Þ      Kepribadian yang lembut
Þ      Mengerti psikologi perkembangan anak
Þ      Kemampuan menggunakan prinsip-prinsip belajar.
Þ      Cinta tanah air dan toleran


Horizontal Scroll: Ciri Pembelajaran Efektif
 
    

Pembelajaran bukan semata-mata suatu proses tranfer pengetahuan kepada siswa bukan pula sekedar hanya menghilangkan sifat-sifat dan kecenderungan yang tidak diinginkan, tetapi yang utama adalah membimbing dan menuntun siswa dan mendorong mereka untuk mencapai hasil belajar. Oleh karena itu pembelajaran yang efektif akan terlihat apabila pembelajaran tersebut sesuai dengan ciri-ciri di bawah ini :
Þ      Kharismatik dan simpatik
Þ      Berencana dengan baik
Þ      Loyal dan kerjasama
Þ      Memberi saran dan anjuran
Þ      Demokrasi
Þ      Memperhitungkan pengalaman masa lalu siswa
Þ      Progresif dan punya target
Þ      Mendiagnosa kesulitan belajar siswa
Þ      Memperbaiki dengan sistem remedial
Þ      Memberi kebebasan kepada siswa
Horizontal Scroll: Model Pembelajaran Efektif

 



Kemampuan seorang siswa untuk memahami dan menyerap pelajaran sudah pasti berbeda tingkatannya. Ada yang cepat, sedang, dan ada pula yang sangat lambat. Oleh karena itu, mereka seringkali harus menempuh cara berbeda untuk bisa memahami sebuah informasi atau pelajaran yang sama. Berikut adalah model belajar efektif yang mungkin bisa diikuti :
Þ      Belajar sambil bermain dengan kata.
Gaya ini bisa kita mulai dengan mengajak seorang teman yang senang bermain dengan bahasa, seperti bercerita, membaca, serta menulis. Gaya belajar ini sangat menyenangkan karena bisa membantu kita mengingat nama, tempat, tanggal, dan hal-hal lainnya dengan cara mendengar kemudian menyebutkannya.
Þ      Belajar sambil bermain dengan berbagai macam pertanyaan.
Þ      Belajar sambil bermain dengan gambar-gambar yang menarik.
Belajar dengan membuat gambar, merancang, melihat gambar, slide, video,  
atau film.
Þ      Belajar sambil bermain dengan musik.
Berusaha mendapatkan informasi terbaru mengenai beragam hal dengan cara mengingat musik atau notasinya yang kemudian bisa membuatnya mencari informasi yang berkaitan dengan itu. Musik mengajarkan sesuatu itu harus berirama dan berintonasi
Þ      Belajar sambil bermain dengan bergerak.
Description: Related imageDengan cara ini adalah kalangan penari, olahragawan. Jadi, jika anda termasuk kelompok yang aktif, tidak salah mencoba belajar sambil tetap melakukan beragam aktivitas menyenangkan seperti menari atau berolahraga.
Þ      Belajar sambil bermain dengan bersosialisasi.
Bergabung dan membaur dengan orang lain adalah cara terbaik mendapat informasi dan belajar secara cepat. Dengan berkumpul kita bisa menyerap informasi terbaru secara cepat dan mudah memahaminya.

Horizontal Scroll: Formula Jitu Menciptakan Pembelajaran Efektif di SD

 



Di bawah ini adalah beberapa cara yang harus dilakukan oleh guru agar bisa menciptakan pembelajaran yang efektif berdasarkan pengalaman saya ketika mengajar di SD Islam Al Azhar 8 Kembangan :

è Jangan ada paksaan
Bagi siswa yang istiqomah belajar, ia akan meluangkan waktu setiap hari meskipun sebentar untuk mengulang kembali pelajaran, latihan atau sekedar membaca materi pokok pelajaran. Kebiasaan ini sangat baik jika dilakukan setiap hari. Hal itu lebih baik ketimbang belajar satu sesi menjelang ujian, atau semester. seperti kata pepatah: Sedikit demi sedikit lama-lama menjadi bukit.

è Selalu ada perencanaan
Siswa harus memiliki jadwal-jadwal belajar di luar sekolah. Buatlah jadwal belajar harian, mingguan jam demi jam. Lalu usahakan dengan tegas, dan tepati semua jadwal yang dibuat. Bagi siswa yang tidak teratur, biasanya tidak sebagus yang memiliki rencana dan rutin belajar.






è Tetapkan sebagai kebiasaan
Description: Related imageMemiliki jadwal belajar itu bagus, yang terpenting dari itu adalah menepati kegiatan jadwal belajar itu sesuai waktu yang ditetapkan dengan rutin dan menjadi kebiasaan. Misalnya, belajar setiap malam jam 20.00-21.00 WIB. Nah, jika ini rutin dilakukan, maka siswa akan lebih fokus dan menikmati proses belajar sebagai bagian dari jam tubuhnya seperti juga makan dan ibadah. Dampak dari semuanya, secara psikologis akan lebih tenang, fresh dan percaya diri serta lebih produktif.

è Jangan lupakan tujuan
Description: Related imageTujuan khusus dalam setiap sesi belajar itu maksudnya agar saat mau belajar sudah siap mau menyelesaikan problem apa, atau hendak memahami sesuatu yang dicari. Nah, dengan demikian, ajarilah siswa untuk mengatur tujuan belajar yang harus dilakukan itu setiap hari secara spesifik pada masalah yang telah disusun. Ini akan membantu sekali pada keseluruhan pelajaran yang diajarkan di sekolah.

è Jangan ada penundaan
Kebanyakan siswa ada yang suka dan ada yang tidak suka dalam mata pelajaran. Dampaknya, jika kamu tidak suka dengan pelajaran tersebut akan mudah menunda belajar, dan lebih memilih kegiatan lain. Nah, siswa yang berhasil, biasanya tidak pernah menunda sesi belajar meski sibuk sekalipun. Jika kamu melakukan penundaan, maka masalah akan bertumpuk-tumpuk dan ini menjadi penyebab kegagalan dalam belajar. Jadi, sekali-kali jangan menunda belajar

è yang sulit dahulukan
Karena pelajaran yang sulit butuh konsentrasi tinggi, usaha dan mental siswa, maka dahulukan dan jadikan perhatian yang utama. Nah, jika kamu memulai dengan yang sulit-sulit, percaya atau tidak, ini akan mengantarkan kamu menjadi siswa yang meningkat dan sangat akan sangat efektif bagi keberlangsungan pembelajaran kamu.

è Mengulang catatan
Pastikan siswa mengulang atau membaca terlebih dahulu catatan yang dimiliki sebelum mengerjakan tugas. Karena itu, buatlah catatan yang baik selama mengikuti pelajaran di kelas. Karena hal ini akan membantu untuk menyelesaikan pekerjaan atau tugas yang harus diselesaikan. Jadi, pastikan siswa tahu persis bagaimana mengerjakan tugas utama itu dengan benar.

è Gangguan jangan dibiarkan
Hal yang bisa menenangkan itu perlu dicari. Karena itu, carilah tempat belajar yang aman dari gangguan. Sebab, saat siswa terganggu, maka ini akan mengganggu konsentrasi belajar dan ini sungguh mengganggu belajar siswa.

è Belajar kelompok seringkan
Description: Image result for kesulitanPercaya atau tidak, belajar kelompok dengan efektif akan membawa banyak keuntungan. Seperti mendapat bantuan teman, menyelesaikan tugas dengan cepat, memahami konsep dengan tepat dan bisa berbagi pengetahuan dengan teman-teman lainnya. Masih ingatkah pepatah, “Dua kepala lebih baik daripada satu kepala?”. Jadi, gunakan pepatah ini untuk belajar. Lalu mana kelompok belajar yang tidak efektif ? yaitu mereka yang minim dari persiapan dan strategi belajar.

è Hindari belajar berlebihan
Ternyata sesuatu yang berlebihan tidaklah bagus, begitu juga dalam belajar, seperti jika waktu ujian atau ulangan sudah dekat biasanya kita akan panik jika belum siap. Jalan pintas yang sering dilakukan oleh siswa yang belum siap adalah dengan belajar hingga larut malam/begadang atau membuat contekan. Sebaiknya ketika akan ujian tetap tidur tepat waktu karena jika bergadang semalaman akan membawa dampak yang buruk bagi kesehatan, terutama bagi anak-anak.

è Kejujuran diajarkan
Hindari mencontek ketika sedang mengerjakan soal ulangan atau ujian, karena dengan mencontek dapat membuat sifat siswa curang dan menjadi pembohong. Kebohongan bagaimanapun juga tidak dapat ditutup-tutupi terus-menerus dan cenderung untuk melakukan kebohongan selanjutnya untuk menutupi kebohongan selanjutnya. Oleh karena itu penting kiranya bagi kita seorang guru untuk mengajarkan kejujuran kepada siswa kita di sekolah




è Disiplin ditegakkan
Kedisiplinan memang perlu diterapkan dalam belajar, seperti disiplin waktu dan disiplin dalam berkonsentrasi pada pelajaran. Dengan adaya sifat disiplin dalam diri siswa, dapat dipastikan pelajaran yang kita lakukan dapat efektif dan efisien.

è Mau Bertanya dan Ditanya
Description: \\Rg4-pc\d\foto kegiatan perpus\DSC_0157.JPGAda pepatah malu bertanya sesat di jalan, ternyata pepatah ini benar, terlebih jika dalam pelajaran. Jika ada hal yang belum jelas, maka tanyakan kepada guru, teman atau orang tua. Jika kita bertanya biasanya kita akan ingat jawabannya. Jika bertanya, bertanyalah secukupnya dan jangan bersifat menguji pada siswa yang kita tanya. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Merawat Potret " Bodo Kupat" dalam tradisi Jepara

Merawat Potret " Bodo Kupat" dalam tradisi Jepara Hari Kamis besok tepat tanggal 8 Syawwal 1442 H. Dalam tradisi masyarakat muslim...