Selasa, 24 September 2019

Mengembangkan Kegiatan Ekstrakurikuler di Sekolah


Description: \\Rg1-pc\d\^BERKAS FILE RUDI^ (RG- 1) rudi mahreen\RUDI'S FOTO\Foto Guru terbaru\DSC_2594.jpgLomba Guru Berani Menginspirasi 2018
Mengembangkan Kegiatan Ekstrakurikuler di Sekolah
(SD Islam Al Azhar 8 Kembangan Jakarta Barat)
Oleh : Rudi Hartono, M. Pd. I.
Guru PAI dan Budi Pekerti, SD Islam Al Azhar 8 Kembangan Jakarta Barat








Description: Vintage border clipart borders vintage free images
 



P
endidikan sebagai salah satu sektor yang paling penting dalam pembangunan nasional, sehingga dijadikan andalan utama yang berfungsi semaksimal mungkin dalam upaya meningkatkan kualitas hidup manusia Indonesia, di mana iman dan taqwa kepada Allah swt. menjadi barometer dalam kehidupan di segala bidang. Allah swt. mengingatkan kita dalam firman-Nya dalam surat Al A’raaf ayat 96 sebagai berikut :
            وَلَوْ أَنَّ أَهْلَ الْقُرَى آَمَنُوا وَاتَّقَوْا لَفَتَحْنَا عَلَيْهِمْ بَرَكَاتٍ مِنَ السَّمَاءِ وَالْأَرْضِ وَلَكِنْ كَذَّبُوا فَأَخَذْنَاهُمْ بِمَا كَانُوا يَكْسِبُونَ
Artinya : Dan sekiranya penduduk negeri beriman dan bertaqwa, pasti kami akan melimpahkan kepada mereka berkah dari langit dan bumi. Tetapi ternyata mereka mendustakan (ayat-ayat Kami), maka kami siksa mereka sesuai dengan apa yang telah mereka kerjakan (Al A’raaf : 96)

S
alah satu tujuan Negara Republik Indonesia yang tercantum dalam undang-undang Dasar (UUD) Negara Republik Indonesai Tahun 1945 yaitu mencerdaskan kehidupan bangsa, untuk itu setiap warga Negara Indonesai berhak memperoleh pendidikan yang bermutu sesuai dengan minat dan bakat yang dimilikinya tanpa memandang status sosial, ras, etnis, agama dan gender. Pendidikan Nasional bertujuan untuk mengembangkan potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga Negara yang demokratis serta bertanggung jawab (Undang-undang No. 20. 2003).
Description: Gambar terkaitBerdasarkan temuan penulis, sebagian besar sekolah-sekolah mewajibkan peserta didiknya untuk mengikuti kegiatan ekstrakurikuler di luar jam sekolah, bahkan ada beberapa sekolah dalam satu hari hanya digunakan untuk kegiatan ekstrakurikuler, namun ada juga sekolah yang tidak mewajibkan peserta didiknya  mengikuti kegiatan ekstrakurikuler di luar jam sekolah. Padahal dilihat dari urgensinya, banyak sekali manfaat yang diperoleh peserta didik jika mereka mengikuti kegiatan ekstrakurikuler di luar jam sekolah. Salah satu manfaatnya adalah dapat meningkatkan prestasi belajar peserta didik di sekolah. Apalagi di era modern seperti ini dengan majunya pengetahuan teknologi dan komunikasi, banyak peserta didik yang cenderung malas untuk mengikuti kegiatan eksrkurikuler di kuar jam sekolah. Mereka cenderung memilih langsung pulang ketika kegiatan belajar mengajar berakhir, terkadang juga peserta didik tidak langsung pulang tetapi ada yang mampir di warnet, timezone, bahkan ada peserta yang melakukan hal-hal yang tidak sesuai seperti mabuk-mabukan, drugs, dan lain sebagainya.
Description: Vintage border clipart borders vintage free images 



Kegiatan ekstrakurikuler adalah kegiatan tambahan di luar struktur program dilaksanakan di luar jam pelajaran agar memperkaya dan memperluas wawasan pengetahuan dan kemampuan peserta didik. Ruang lingkup kegiatan ekstrakurikuler meliputi kegiatan-kegiatan yang dapat menunjang dan dapat mendukung program intrakurikuler yaitu mengembangkan pengetahuan dan kemampuan penalaran peserta didik, keterampilan melalui hobi dan minatnya serta pengembangan sikap yang ada pada program intrakurikuler dan program kokurikuler. Pengembangan Ektrakurikuler di sekolah akan bermutu dan bermakna apabila memperhatikan hal-hal di bawah ini.

Struktur Organisasi
Pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler memerlukan pengelolaan yang baik dalam bentuk organisasi yang terstruktur. Struktur organisai merupakan alur dan mekanisme pelaksanaan kegiatan ekrakurikuler, pendelegasian tugas, wewenang, serta tanggungjawab. Penasehat merupakan unsur yang berasal dari pihak luar sekolah yang ditunjuk secara khusus dan masuk ke dalam struktur kepengurusan. Penasehat kegiatan dapat berasal dari unsur komite sekolah, tokoh masyarakat, tokoh agama, orang tua peserta didik, atau dari unsur lain. Kegiatan ekstrakurikuler di sekolah hendaknya didasarkan pada kecakapan dan pemahaman terhadap ekstrakurikuler di sekolah, serta mampu menjalankan tugas dan fungsinya. Tugas dan fungsi penasehat antara lain memberikan saran dan kritik atas rancangan program, rancangan kegiatan, dan pelaksanaan pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler, bila dianggap perlu, mengontrol pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler di sekolah, memberikan motivasi, inspirasi, serta teguran kepada pelaksana kegiatan ekstrakurikuler di sekolah, mencari jalan keluar (solusi) bila terjadi perbedaan pendapat dalam kegiatan, membantu mensosialisasikan kegiatan ekstrakurikuler di sekolah kepada stakeholder, membantu sekolah dalam pencarian dana, pengadaan fasilitas, perekrutan pembina/ pelatih/ fasilitator/ instruktur kegiatan ekstrakurikuler di sekolah. Sementara untuk penanggung jawab merupakan individu yang bertanggung jawab penuh terhadap keberhasilan kegiatan ekstrakurikuler di sekolah. Penanggung jawab kegiatan ekstrakurikuler berasal dari unsur kepala sekolah. Tugas dan fungsi penanggungjawab antara lain bertanggung jawab secara umum pelaksanaan kegiatan, mengkoordinasikan dengan pembina dan segenap pihak yang terlibat dalam kegiatan ekstrakurikuler, menetapkan kebijakan dan program mengenai pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler, mengusahakan pemenuhan sarana dan prasarana kegiatan ekstrakurikuler, mengontrol pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler di sekolah, memberikan arahan, masukan, dan saran kepada pembina kegiatan ekstrakurikuler, menjalin kerjasama dengan berbagai pihak guna mendukung kelancaran kegiatan ekstrakurikuler di sekolah. Sedangkan untuk sekretaris merupakan pihak yang bertanggungjawab dalam pelaksanaan administratif kegiatan. Sekretaris kegiatan ekstrakurikuler berasal dari unsur guru yang ditunjuk oleh penanggungjawab untuk masuk ke dalam struktur kepengurusan dengan mempertimbangkan kecakapan, pemahaman, dan keterampilan yang dibutuhkan dalam pelaksanaan pekerjaan. Tugas dan fungsi sekretaris antara lain membantu penanggungjawab kegiatan dalam menyusun program kerja ekstrakurikuler di sekolah, mengkoordinir pengumpulan materi dan hasil evaluasi kegiatan untuk selanjutnya dilaporkan kepada penanggung jawab kegiatan, melaksanakan proses administrasi antara lain: membuat surat, rekap presensi, hasil evaluasi kegiatan, jadwal kegiatan, dan lain-lain, membantu dalam penyusunan laporan kegiatan bersama koordinator bidang ekstrakurikuler. Dan yang terakhir adalah bendahara yang merupakan pihak yang turut bertanggungjawab atas pengelolaan keuangan kegiatan. Bendahara kegiatan ekstrakurikuler adalah bendahara sekolah. Tugas dan fungsi bendahara antara lain membantu penanggungjawab kegiatan dalam perbendaharaan kegiatan, mencatat pemasukan dan pengeluaran keuangan selama kegiatan berlangsung, mengeluarkan biaya kegiatan dengan seizin penangungjawab, melaporkan keadaan keuangan kepada penanggungjawab, menyusun dan menyampaikan laporan keuangan pada akhir kegiatan.

Surat Keputusan (SK)
Description: C:\Users\RG4\Pictures\surat tugas.pngDalam sebuah kegiatan yang akan dilaksanakan di Sekolah atau Madrasah tentunya membutuhkan Surat Keputusan agar kegiatan yang dilaksanakan jelas sesuai dengan tupoksinya (Tugas Pokok dan Fungsi). Surat keputuasan ini biasanya di tanda tangani oleh Kepala Sekolah atau Madrasah KS/KM. Isi dari pada SK ini adalah tugas pokok dan wewenang sesuai dengan tugas yang diberika kepada Guru yang akan melaksanakan kegiatan Ekstrakurikululer. Setiap Koordinator diberikan Surat Tugas atau Surat Keputusan dari Kepala Sekolah untuk menjalankan tugasnya. Berikut adalah contoh Surat Keputusan untuk seluruh Koordinator yang dibuat secara kolektif di SD Islam Al Azhar 8 Kembangan Jakarta Barat.

Program Kegiatan Ekstrakurikuler
Kehadiran kegiatan ekstrakurikuler mengakomodasi kebutuhan perkembangan tersebut di bidang non akademik, sehingga peserta didik sadar akan potensi yang ada pada dalam dirinya dan mau untuk terus berjuang untuk menekuni kegiatan tersebut. Jika kegiatan ekstrakulikuler dapat ditekuni dengan sungguh-sungguh, tidak menutup kemungkinan peserta didik tersebut mendapatkan prestasi atas jerih payahnya, contohnya juara dalam lomba melukis, bermusik, berpuisi, dan lain sebagainya. Setiap instansi atau lembaga atau organisasi pendidikan pasti memiliki visi dan misi masing-masing. Visi dan misi tersebut yang nantinya menentukan kemana arah tujuan instansi atau organisasi dan sejenisnya didirikan. Tanpa adanya visi dan misi yang jelas maka sebuah organisasi tidak akan memiliki esensi mengapa organisasi tersebut ada. Meskipun memiliki tujuan, namun jika tidak memiliki visi dan misi maka meski tujuan tersebut tercapai namun hakikat dari pencapaian tujuan tersebut tidak ada inilah pentingnya visi dan misi.
Ekstrakurikuler juga demikian, tentunya memiliki visi dan misi tersendiri yang menunjukkan manfaat maupun fungsi-fungsi ekstrakurikuler terutama dalam masyarakat. Meskipun banyak ekstrakurikuler yang posisinya berada pada instansi atau lembaga atau organisasi yang sudah memiliki visi dan misi sendiri, namun ekstrakurikuler harus memiliki visi dan misi terpisah yang tentunya masih berkaitan dengan visi dan misi yang dimiliki instansi atau lembaga atau organisasi yang menaungi. Ini dikarenakan karena fungsi ekstrakurikuler yang pada dasarnya berbeda namun tetap mendukung berjalannya kegiatan pada instansi atau lembaga yang mengelola ekstrakurikuler tersebut. Sebagai contoh berikut ini adalah salah satu contoh visi dan misi ekstrakurikuler yang ada di SD Islam Al Azhar 8 kembangan Jakarta Barat.
Description: Gambar terkaitDescription: Gambar terkaitVisi & Misi Ekstrakurikuler





Text Box: Visi :
Mewujudkan program kegiatan ekstrakurikuler yang mampu membentuk karakter positif, berprestasi, dan mampu bersaing dalam dunia global


Text Box: Misi :
1. Menyediakan berbagai program ekskul yang memiliki kompetensi tinggi.
2. Menyediakan pelatih ekskul yang kompeten di bidangnya.
3. Menyelenggarakan ekskul yang mengarah pada pembentukan karakter, prestasi dan berwawasan global
 













Strategi 1 Tahun & 4 Tahun
Rencana strategi satu tahun dan empat tahun ekstrakurikuler, harus dimasukkan ke  dalam Point Standar Isi yang terdapat dalam Program Mikro RKT di Bab 1 (Program Sekolah).

Jenis Ekstrakurikuler
Pada umumnya kegiatan ekstrakurikuler di sekolah dikelompokan menjadi dua, yaitu ekskul pilihandan ekskul berbayar. Namun kegiatan ekstrakurikuler SDI Al Azhar 8 Kembangan dikelompokkan menjadi 3 kategori yaitu, ekstrakurikuler wajib, ekstrakurikuler pilihan, dan ekstrakurikuler berbayar. Jumlah total ekstrakurikuler dari ketiga kategori tersebut adalah sebanyak 29 ekskul. Dengan rincian jumlah sebagai berikut : 2 ekskul wajib, 15 ekskul pilihan, dan 12 ekskul berbayar. Berikut adalah daftar ekstrakurikuler SDI Al Azhar 8 Kembangan :
Prestasi Ekskul
Text Box: Kepsek SDI Al Azhar 8Description: \\Rg1-pc\d\^BERKAS FILE RUDI^ (RG- 1) rudi mahreen\RUDI'S FOTO\Foto Guru terbaru\DSC_2466.jpgAda salah satu Sekolah Dasar yang bernafaskan dan bercirikan Islam yang maju pesat diwilayah Jakarta Barat, ya sebut saja SD Islam Al Azhar 8 Kembangan Jakarta Barat. SD ini tidak mau asal-asalan dalam mendidik peserta didiknya. Men­jadi­kan lulusan cerdas secara intelektual, emosional dan spiritual adalah misi utama­nya. Karena, pihak sekolah ini percaya tanpa ada pem­bekalan secara spiritual dan emosional, ilmu yang di­dapat tidak akan dirasakan manfaatnya secara sem­purna oleh masyarakat. Salah satu hal yang dila­ku­kan pihak sekolah adalah dengan menggelar sejumlah kegiatan ektrakurikuler yang melatih keilmuan sis­wa­nya dalam bermas­yara­kat. Hal ini sejalan dengan misinya membekali lulusan dengan pengetahuan dan keterampilan yang sesuai dengan tantangan global. Ekstrakurikuler yang di­giatkan sekolah seperti bi­dang Pramuka, seni, olah­raga, dan lainnya. Di SD ini, ekstrakurikuler Pra­muka menjadi unggulan. Koordinator Pramuka Penggalang Iip Irpana, S. Pd. I. mengatakan Pramuka sering meraih jua­ra “Terbukti pada Bulan Oktober 2018,SD ini mengikuti perke­mahan Muhiba di Langkawi Malaysia. Al­ham­dulillah SD ini meraih juara 1 dan terbaik se Wilayah Asia,” ulasnya lagi. Kepala Drs. H. Rusnadi, M. Pd mengatakan, apa yang dilakukan terhadap siswa-siswi ini bertujuan meningkatkan potensi inte­lektual dan prestasi siswa dalam bidang akademis dan non akademis. Tak hanya itu, ia juga mengharapkan terserapnya tamatan SD sesuai dengan kompetensi yang dimiliki. Mening­kat­nya standar sarana dan pra­sarana serta fasilitas seko­lah. Serta mampu menjalin kemitraan dengan lembaga lain yang relevan dan me­ningkatkan peran serta mas­yarakat dalam pengelolaan pendidikan. Dari 29 ekstrakurikuler yang ada di SDI Al Azhar 8 Kembangan, hampir semua ekskul pernah mengikuti perlombaan/kejuaraan dan mendapatkan prestasi. Namun ada satu ekstrakurikuler yang menjadi unggulan di sekolah kami yaitu, eksrtakurikuler Futsal. Selain peminat ekskul ini begitu banyak mulai dari kelas satu hingga kelas lima, ekstrakurikuler futsal juga merupakan ekstrakurikuler yang paling banyak meraih prestasi dari tahun ke tahun, mulai dari nasional hingga internasional. Prestasi terbaru tingkan nasional yang di raih oleh tim futsal SDI Al Azhar 8 Kembangan yaitu juara 1 McD Cup wilayah Barat, , Juara 1  Al Azhar Cup se Indonesia, Juara 1 Liga Coca-cola usia 8 tahun, dan masih banyak lagi prestasi lainnya yang bisa dilihat dalam lampiran. Selain prestasi tim, prestasi dalam ekskul futsal juga sering mendapatkan penghargaan secara individu seperti pemain terbaik, top score dan juga ada yang terpilih untuk training camp di Thailand dalam program AIA training cup tahun 2017 (Internasional). Selain prestasi yang telah digambarkkan di atas, kini ekskul futsal juga tengah melebarkan sayap berkolaborasi dan bekerjasama dengan beberapa orang tua murid untuk menyelenggarakan club sepak bola usia 8-10 tahun dengan nama ALBA FC., dan sudah meraih berbagai prestasi dalam ajang mini soccer.

Text Box: Ekstrakurikuler Marching Band, Alba Marching KidDescription: F:\Muharram 1436\DSC_0577.JPG
Text Box: Ekstrakurikuler Marawis Description: F:\Foto Alba\Foto Thn Ajaran 2013-2014\Pekan Muharram 1435 H\Foto Liputan Muharram 1435 Pa Iip Irpana\DSC_0203.JPG
Text Box: Ekstrakurikuler Pramuka Siaga dan Penggalang Description: C:\Users\ALBA\AppData\Local\Microsoft\Windows\Temporary Internet Files\Content.Word\IMG20180420145729.jpg
Text Box: Tim Basket dikunjungi Head Coach Jr. NBA Asia (Coach Rob)Description: C:\Users\RG3\AppData\Local\Microsoft\Windows\Temporary Internet Files\Content.Word\IMG20180207113442.jpg
Text Box: Ekstrakurikuler Menari Description: F:\Foto Alba\Foto Thn Ajaran 2013-2014\Pekan Muharram 1435 H\Foto Liputan Muharram 1435 Pa Iip Irpana\DSC_0302.JPG
Text Box: Ekstrakurikuler Futsal Description: F:\Foto Alba\Foto Thn Ajaran 2013-2014\Coaching Clinic Futsal\DSC_1529.JPG



Tenaga Pendidik
Tenaga pendidik ekstrakurikuler di SDI Al Azhar  8 Kembangan terdiri dari Guru, pelatih luar, dan orang tua murid.  Tenaga pendidik yang ditugaskan adalah orang-orang yang memiliki kompetensi dalam bidang ekskul yang dilatihnya. Sebagai contoh adalah pelatih ekskul basketball academy yang merupakan salah satu pelatih Jr.NBA Indonesia.

Sarana & Prasarana Ekstrakurikuler
Kegiatan ekstrakurikuler di SD Islam Al Azhar 8 Kembangan telah dilengkapi oleh sarana dan prasarana yang memadai. Seperti Lapangan yang ada atapnya, ruang musik, aula, semua ruang kelas yang sudah dilengkapi dengan komputer, infokus dan internet, serta berbagai alat ekskul yang lengkap milik sendiri seperti, alat marching band, pelindung & matras beladiri, dan lain sebagainya.

Text Box: Lapangan Outdor
Description: \\Rg4-pc\e\LOMBA BUDAYA MUTU\essy\foto sarpras\lab komputer.jpgText Box: Ruang Lab Komputer
Description: D:\Foto Sekolah sehat\DSC_0486.JPGText Box: Ruang Perpustakaan
Text Box: Lapangan Kelas
Text Box: Ruang Pramuka
Description: E:\Foto Sekolah sehat\DSC_0039.JPGText Box: Tempat Ibadah


Kerjasama dengan Pemangku Kepentingan
Kegiatan ekstrakurikuler di SDI Al Azhar 8 Kembangan mendapatkan dukungan yang luar biasa besar dari berbagai pihak. Seperti dukungan dari yayasan, komite, dan orang tua murid. Dengan demikian, ekstrakurikuler dapat berjalan dengan lancar dan senantiasa mendapatkan prestasi dari setiap ajang lomba yang diikuti. Bentuk dukungan dan prestasi yang diraih, menjadikan sekolah kami pernah beberapa kali ditunjuk oleh Sudin Jakarta Barat untuk mengikuti lomba-lomba mewakili Kota Jakarta Barat. Selain itu, dalam penyelenggaraan kejuaraan basket dan futsal Al Azhar Cup tahun 2017 kami mendapat dukungan dari Kemenpora dalam penyelenggaraanya tersebut, sehingga kejuaraan yang dilaksanakan ialah memperebutkan Piala Kemenpora.

Sumber Pendanaan
Sumber pendanaan ekstrakurikuler di SDI Al Azhar 8 Kembangan terdiri dari 5 sumber, baik berupa dana atau pun bukan dana. Berikut adalah sumber pendanaan ekskul SDI Al Azhar 8 Kembangan :
Þ    RAPBS Digunakan untuk membayar koordinator, pelatih, pendamping ekskul, serta untuk membiayai kegiatan, lomba atau pun kejuaraan yang diikuti. Selain itu juga digunakan untuk membeli dan membiayai perawatan alat-alat ekstrakurikuler.
Þ    KomitJam’iyah/komite biasanya membantu untuk pembiayaan kegiatan, lomba, atau pun kejuaraan yang diikuti tim ekstrakurikuler.
Þ    Dana BOS
Digunakan untuk membayar jasa pelatih Tilawati sebanyak  8 orang.
Þ    Dana Ekskul Berbayar
Dana dari ekskul berbayar digunakan untuk membiayai pelatih ekskul berbayar tersebut.
Þ    Orang Tua Murid
Þ    Bentuk bantuan yang diberikan orang tua murid ada berupa dana dan juga ada yang bukan berupa dana. Untuk dana, biasanya setiap kejuaraan futsal dan basket atau kejuaraan ekskul lainnya, mereka berinisiatif untuk membantu dalam biaya operasional dan juga kebutuhan lainnya. Sedangkan bantuan yang bukan berupa dana adalah, penyediaan mobil untuk digunakan sebagai alat transfortasi peserta dan pelatih ekskul dalam mengikuti perlombaan/kejuaraan, dan ada juga orang tua murid yang membantu melatih ekskul basket dan futsal secara cuma-cuma.

Evaluasi Ekstrakurikuler
Di akhir tahun pelajaran, setiap koordinator ekskul membuat laporan kegiatan yang kemudian dilaporkan oleh koordinator umum ekskul kepada kepala sekolah.










Biodata Peserta Lomba
Text Box: 1. N a m a    : RUDI HARTONO, M. Pd.I. 
2. NIP    : -
3. NUPTK   : 0257766667130073
4. Pangkat dan golongan : Guru 
5. Tempat, Tgl. Lahir  : Jepara, 25 September 1988 
6. Jenis Kelamin  : laki-laki
7. Agama   : Islam
8. Sekolah Tempat Tugas  
a) N a m a   : SD Islam Al Azhar 8 Kembangan  
b) Alamat Sekolah  : Jl. H. Saaba kompleks Unilever Meruya Selatan  
                                   11650  
                                   Jakarta Barat
c) Kecamatan   : Kembangan 
d) Kabupaten   : Jakarta Barat
f) Provinsi   : DKI Jakarta
g) No. Telp. Sekolah  : (021) 5864426/ 58905550 
h) No. Fax   : 5861590 
i) Alamat e-mail  : infoalba8@gmail.com
j) Alamat Website  : www.alazhar-kembangan.sch.id
k) NSS    : 101016208508
9. Alamat rumah  : Jln. H. Saaba Kompleks Unilever Rt 06/09 Meruya  
                                        Selatan, Kembangan Jkarta Barat
10. No Hp    : 08569085373
11. Alamat Email   : rudihartonomahreen@gmail.com.Beban mengajar 
12. Status perkawinan  : Kawin
                                         


 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Merawat Potret " Bodo Kupat" dalam tradisi Jepara

Merawat Potret " Bodo Kupat" dalam tradisi Jepara Hari Kamis besok tepat tanggal 8 Syawwal 1442 H. Dalam tradisi masyarakat muslim...